
Kurikulum Operasional Madrasah ini diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2023/2024 yang mencerminkan merdeka belajar dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kurikulum ini memuat karakteristik satuan pendidikan, profil pembelajar, struktur kurikulum dan rancangan pembelajaran.
Pengembangan Kurikulum Operasional MTsN 14 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024 ini mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, konsep merdeka belajar, dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Di samping itu juga Kurikulum Operasional MTsN 14 Tasikmalaya ini merupakan pegangan bagi pengembangan lingkungan MTsN 14 Tasikmalaya Dari mulai budaya pengelolaan sampah, konservasi energi, keanekaragaman hayati, konservasi air, kebersihan lingkungan dan juga inovasi.
Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 14 Tasikmalaya dikembangkan dengan memperhatikan empat ranah yaitu sosial-emosional, intelektual, ketrampilan, dan perilaku dengan kompetensi spiritual sebagai payungnya, yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran berbasis tema atau integrated curriculum pada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam-Sosial, dan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Alqur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Fikih, dan SKI), Seni, Matematika dan PJOK dilaksanakan dalam bentuk parsial. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam waktu 6 hari masuk madrasah.
Pelaksanaan proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 14 Tasikmalaya dilaksanakan dalam dua macam bentuk kegiatan, yaitu pembelajaran regular dan blok. Pembelajaran regular adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas secara rutin sedangkan sistem blok dilaksanakan sesuai event tertentu.
Muatan kurikulum dalam satuan Pendidikan memuat beberapa komponen antara lain muatan pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler.